Ekspose Jarak Jauh Rancang Masterplan Transcience Technopark

Work From Home (WFH) maupun kebijakan social distancing atau Physycal Distancing tidak menyurutkan semangat untuk tetap mengejar target pekerjaan yang telah direncanakan. Di Era teknologi yang masih memungkinkan pekerjaan dilaksanakan dari remote area. Platform digital menjadi kian akrab dan menjadi hidangannsehari-hari kaum pekerja yang masih harus tetap melanjutkan program-program yang harus dilaksanakan, whatsapp, e-mail  menjadi alternatif lalulintas data yang dapat diandalkan, bahkan untuk mengukur kehadiran, para pegawai dapat melakukan absensi kehadiran dengan gps share live location via whatsapp group. Pun demikian saat pekerjaan harus melibatkan pihak-pihak lain, video conference menjadi pilihan tepat.

Kegiatan virtual pun menjadi cara yang ditempuh oleh Direktorat Perencanaan Pembangunan dan Pengembangan Kawasan  Transmigrasi (P3KT) ketika harus melakukan Pembahasan Laporan Pendahuluan Penyusunan Masterplan Transcience Technopark Kawasan Transmigrasi Mutiara, Kabupaten Muna, Provinsi Sulawesi Tenggara (Tahap II). Tak pelak kegiatan tersebut dilangsungkan melalui aplikasi zoom meeting (Video Conference).

Dilaksanakan pada Senin (13/4) lalu, Ekspose Laporan Pendahuluan Penyusunan Masterplan Transcience Technopark Kawasan Transmigrasi Mutiara, Kabupaten Muna, Provinsi Sulawesi Tenggara (Tahap II) ini dibuka oleh Direktur P3KT Dr. R. Bambang Widyatmiko, S.Si, MT, yang selanjutnya langsung disambung dengan paparan dari Tim Universitas Gadjah Mada yang dipimpin oleh Prof. Dr. Suratman, M.Sc.

Kegiatan video conference tersebut berjalan efektif dan lancar, di mana pembahasan dihadiri oleh Plt. Sesditjen PKP2Trans, Staf Ahli Menteri Bidang hubugan Antar Lembaga Kementerian Desa PDTT, Para Pejabat Tinggi Pratama di Lingkungan Ditjen PKP2Trans, Direktur Pengembangan Sosial Budaya Transmigrasi, Ditjen PKTrans, Direktur Pengembangan Usaha Transmigrasi, Ditjen PKTrans, Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Balilatfo, Kementerian Desa PDTT, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sulawesi Tenggara, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Muna, Kepala BAPPEDA Kabupaten Muna, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Muna, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Muna, Para Pejabat Administrator di Lingkungan Direktorat P3KTrans, Pejabat Administrator di Lingkungan Direktorat PPT, Kepala Bagian Perencanaan diwakili oleh Kepala Sub Bagian Program dan Anggaran, Ditjen PKP2Trans, Peneliti Bidang Transmigrasi, Puslitbang BALILATFO, Para Pejabat Pengawas dan Pelaksana Terbatas di Lingkungan Dit. P3Ktrans, serta Tim Tenaga Ahli dari Universitas Gadjah Mada.

Tujuan dari kegiatan Pembahasan Laporan Pendahuluan Penyusunan Masterplan Transcience Technopark Kawasan Transmigrasi Mutiara, Kabupaten Muna, Provinsi Sulawesi Tenggara (Tahap II) ini adalah untuk Melakukan perumusan arahan kebijakan, program sampai dengan indikasi kegiatan pengembangan trans-science technopark Kawasan Transmigrasi Mutiara Kabupaten Muna Provinsi Sulawesi Tenggara dan Menyusun model aktivitas pengembangan trans-science technopark  Kawasan Transmigrasi Mutiara Kabupaten Muna Provinsi Sulawesi Tenggara yang berbasis pada pemanfaatan ruang produksi sampai dengan teknologi peningkatan nilai tambah produk unggulan.

Kendati tatap muka dilakukan melalui layar gawai masing-masing (laptop maupun smarphone) dari tempat yang berbeda, hal itu tidak menurunkan semangat peserta untuk memberikan masukan-masukan dalam pembahasan tersebut. (Shinta Sari Interpreter)