Bimtek Terpadu sebagai Agen Perubahan Transmigrasi 4.0 di UGM

Selama sepekan Direktorat Perencanaan Pembangunan dan Pengembangan Kawasan Transmigrasi (P3KT) mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) dengan judul Bimbingan Teknis Terpadu sebagai Agen Perubahan Bidang Perencanaan Pembangunan dan Pengembangan Kawasan Transmigrasi 4.0, di Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, 9-13 Maret 2020 lalu.

Bimbingan tersebut, selain diikuti oleh peserta dari pemerintah pusat, diikuti juga oleh undangan dari pemerintah daerah, di antaranya peserta di lingkup Ditjen PKP2Trans dari berbagai direktorat, Balai Besar Latihan Masyarakat (BBLM) Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Balai Latihan Masyarakat Makasar,  Puslitbang-Balilatfo, Ditjen PKTrans, Dinas Nakertrans Kabupaten Tojo Una-Una, Bappelitbangda Kabupaten Tojo Una-Una, Dinas Nakertrans Kabupaten Bengkulu Utara, Dinas Nakertrans Kabupaten Mamuju Tengah, Dinas Transmigrasi Provinsi Sulawesi Barat, Dinas Nakertrans Provinsi Sulawesi Selatan, Kantor SKPD Kabupaten Pesisir Selatan, Dinas Nakertrans Provinsi Sumatera Barat, Dinas Nakertrans Kabupaten Banyuasin, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Barito Kuala, Dinas Nakertrans Provinsi Kalimantan Selatan, Dinas Nakertrans Kabupaten Kubu Raya, Dinas Nakertrans Provinsi Kalimantan Barat, Dinas Nakertrans Kabupaten Bangka Selatan, dan terakhir Dinas Tenaga Kerja Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Setelah dibuka oleh Dekan Geografi UGM, di hari pertama, acara dilanjutkan dilanjutkan dengan materi pertama dari Direktur Direktorat P3KT Dr. R. Bambang Widyatmiko, S.Si, MT. yang memberikan gambaran tugas dan fungsi Direktorat Perencanaan Pembangunan dan Pengembangan Kawasan Transmigrasi, struktur organisasi, keunggulan khas serta masalah khas di dalam perencanaan transmigrasi.

Sesi selanjutnya adalah materi dari Prof. Suratman, M.Sc. selaku dosen Fakultas Geografi sekaligus Direktur Klinik Lingkungan dan Mitigasi Bencana (KLMB), yang membawakan paparan materi mengenai Penyusunan Masterplan Trans-Science Technopark Kawasan Transmigrasi Mutiara, Kabupaten Muna, Provinsi Sulawesi Tenggara dan materi mengenai Model Pentahelix untuk Pengembangan Kawasan Transpolitan 4.0.

Mengakhiri hari pertama Bimtek adalah materi dari dosen dari Fakultas Ekonomi UGM Rika Fatimah P.L., S.T., M.Sc., Ph.D. yang memberikan materi mengenai Penguatan Kelembagaan dan Membangun Networking dengan Menggunakan Model Global Gotong Royong (G2R) Tetrapreneur.

Hari kedua Bimtek, di pagi hari hadir dosen dari Program Magister dan Doktor Kepemimpinan dan Inovasi Kebijakan Sekolah Pascasarjana Lintas Disiplin UGM Prof. Dr. Muhadjir Darwin, MPA yang memulai materi mengenai Membangun Komunikasi Publik 4.0 dalam Inovasi Kebijakan Transmigrasi 4.0. Kemudian dilanjutkan materi mengenai Pengabdian Perguruan Tinggi dalam Mendukung Kebijakan Transmigrasi oleh Dr. Ir. Ambar Kusumandari, M.E.S. dosen Fakultas Kehutanan UGM dan Kepala Subdit KKN UGM. (Shinta)